Persiapan melukis dengan pensil

  Untuk memulai melukis, sesederhana apapun lukisan yang akan kita buat, tidak ada salahnya kita mengetahui dan mempersiapkan terlebih dahulu alat apa saja apa dan bahan apa saja yang akan kita gunakan untuk melukis, karena hasil dari sebuah karya lukis sangat berhubungan erat dengan bahan yang digunakan, alat alat dan juga tentu saja proses pengerjaannya.( ya ..iya laaahh.. hehe)

  Tapi jangan kuatir..  untuk pengerjaan lukisan sederhana seperti lukisan monokrom, lukisan dua warna, ataupun lukisan hitam putih, bahan yang disiapkan tak perlu banyak banyak kok..,
  Bahkan hanya dengan goresan pensil dan variasi kepekatan yang dibuat di atas selembar kertas, kita bisa membuat sebuah karya yang disebut lukisan. Untuk lukisan jenis ini, saya sendiri hanya menggunakan dua-tiga batang pensil grafit, kertas, penghapus dan imajinasi, lukisan udah bisa dibuat, hehehe..
untuk jelasnya, yang saya gunakan adalah:
  •  pensil 2B untuk garis garis bentuk awal,
  •  pensil 4B untuk penebalan garis bentuk, detail dan bayangan,
  •  pensil EE untuk kepekatan, ( misalnya rambut, atau bayangan yang memerlukan tone yang pekat)
  • satu buah penghapus , pilih penghapus yang berkualitas, penghapus yang baik tidak merusak dan tidak meninggalkan bekas dikertas.
  •  dan tentu saja beberapa lembar kertas putih yang bersih.
 oya.. untuk kertas kita bisa gunakan kertas berwarna ataupun kertas putih biasa, semacam HVS 80 Gsm atau kertas gambar biasa yang sering digunakan pelajar untuk menggambar. tapi, jika ingin hasil lukisan anda lebih menarik dan berkualitas seperti karya para seniman profesional, saya sarankan anda untuk menggunakan kertas khusus untuk melukis, kertas seperti ini agak tebal, lentur dan lebih kuat. dan yang lebih penting, kertas jenis ini biasanya memiliki tekstur, yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai efek dalam lukisan yang kita buat. jangan kuatir, kertas khusus untuk melukis sekarang ini sudah banyak tersedia di toko toko buku besar. (kalo masih bingung milih kertasnya, tanya aja penjaga toko nya, pasti dia tau..)

No comments:

Post a Comment

untuk pertanyaan, saran dan pemesanan atau apapun silakan tulis dengan bahasa yang sopan di kotak komentar. Terimakasih